December 3, 2022
Jokowi Larang Ekspor CPO, Harga Minyak Goreng Langsung Murah? Pengamat: Belum Tentu

Jokowi Larang Ekspor CPO, Harga Minyak Goreng Langsung Murah? Pengamat: Belum Tentu

Jangan berharap harga minyak goreng dalam negeri akan murah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberlakukan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) mulai 28 April 2022.

Akankah harga minyak goreng turun? Harga tidak serta merta turun secara otomatis kecuali dibarengi dengan arahan HET Minyak Goreng Dalam Kemasan,” kata Bima kepada Suara.com, Minggu (24/4/2022).

Menurut Bhima, alih-alih melarang ekspor CPI, pemerintah diminta mengembalikan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) CPO sebesar 20 persen.

Memasok 20 persen dari total ekspor minyak goreng CPO sudah lebih dari cukup. Estimasi produksi CPO tahunan 50 juta ton, sedangkan penggunaan minyak nabati hanya 5-6 juta ton, yakni 10 persen. Dimana sisanya? didistribusikan ketika ekspor berhenti? pecahan Bima.

Lagi-lagi dia mengatakan politik pelarangan ekspor CPO tidak akan tepat jika larangan ekspor total diterapkan. Selama ini masalahnya ada pada produsen dan pengecer yang pengawasannya lemah.

Dari catatan Bima, nilai ekspor CPO selama satu bulan yakni Maret 2022 mencapai USD 3 miliar. Jadi perkiraan Mei, jika diasumsikan larangan ekspor selama sebulan penuh, potensi kerugian kurs USD 3 miliar, yaitu Rp 43 miliar.

Ini akan terjadi dan angkanya 12 persen dari total ekspor nonmigas. Ini juga bisa mengganggu stabilitas rupiah karena ekspor devisa akan terganggu,” kata Bima.

Berhenti mengekspor bahan mentah Migor

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan para menterinya, Presiden Joko Widodo melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng.

Larangan yang mulai berlaku Kamis (28 April) tersebut dimaksudkan untuk menurunkan harga minyak goreng domestik dan mengembalikan pasokan yang melimpah.

Dalam rapat itu, saya memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai Kamis, 28 April 2022 hingga batas waktu yang ditentukan,” katanya, Jumat (22 April 2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *