January 24, 2023
Kuota BBM Pertalite 2023 Naik Jadi 32 Juta Kilo Liter!

Kuota BBM Pertalite 2023 Naik Jadi 32 Juta Kilo Liter!

Pertamina Patra Niaga mencatat kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) disiapkan hingga 32 juta kilo liter (kl) untuk 2023. Jumlah ini meningkat dibanding penyerapan Pertalite pada 2022 sebesar 29,48 juta kl.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra, usai konferensi pers penutupan posko nasional sektor ESDM periode Hari Raya Natal tahun 2022 dan tahun baru 2023, di Kantor BPH Migas, Rabu (4/1).

Dia menegaskan, dinaikkannya kuota BBM pertalite tersebut tentunya telah mendapatkan surat penugasan dari pemerintah. Sebagai informasi, Pertalite termasuk dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Sementara, kuota untuk Solar subsidi pada 2023 sebanyak 16 juta kl.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“BBM subsidi sudah ada kuotanya. Untuk minyak Solar sekitar 16 juta kl. Untuk Pertalite ini kan sebetulnya kuotanya kan Pertalite ini JBKP ya, ini volumenya masih dapat penugasan dari pemerintah sekitar 29-32 juta kl,” kata Mars.

Adapun ke depannya, Pertamina Patra Niaga akan melakukan evaluasi kuota BBM setiap tiga bulan.

“Kalau kuota ini kan tiap tiga bulan ada review, verifikasi volume dan kita mendapatkan penugasan dari BPH Migas, itu SK-nya tiap triwulan,” ujarnya.

Batasi Pembelian Pertalite

Sebelumnya, pemerintah masih terus menggodok aturan untuk membatasi pembelian BBM Subsidi dan kompensasi di SPBU, seperti Pertalite dan Solar. Nantinya, pembelian BBM subsidi akan diseleksi melalui platform MyPertamina.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Erika Retnowati, mengatakan pengendalian BBM subsidi tersebut masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Bila aturan sudah tertuang, Erika melanjutkan, implementasinya nanti akan mengandalkan teknologi IT. Itu bakal dilakukan Pertamina yang sudah membangun program subsidi tepat sasaran, lewat platform MyPertamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *