December 4, 2022
Negara G20 Sepakat Perang Rusia-Ukraina Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

Negara G20 Sepakat Perang Rusia-Ukraina Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

Hasil pertemuan Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20 Ke-IV sepakat menyatakan pemulihan ekonomi global saat mengalami perlambatan. Hal ini sebagai dampak kekacauan yang disebabkan Rusia setelah melakukan invasi ke Ukraina pada Februari lalu.

“Banyak anggota mengecam keras perang Rusia melawan Ukraina,” dikutip dari hasil G20 Chair’s Summary pada forum Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 Ke-IV yang berlangsung pada 12-13 Oktober di Washington DC, Amerika Serikat, dikutip Senin (1/10).

Dalam draft tersebut sebagian besar negara anggota satu suara mengecam agresi yang dilakukan Rusia di Ukraina. Mereka menyatakan serangan terhadap Ukraina sebagai perang ilegal. Serangan tersebut juga tidak dapat dibenarkan dan telah menjadi sumber kekacauan ekonomi global.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Perang agresi Rusia yang ilegal, tidak dapat dibenarkan, dan tidak beralasan terhadap Ukraina mengganggu pemulihan ekonomi global,” bunyi kesimpulan tersebut.

Dalam forum tersebut, salah satu negara anggota menyatakan, sanksi yang diberikan kepada Rusia sebenarnya tidak menargetkan sektor pangan. Namun di sisi lain ada yang berpandangan sanksi yang diberikan merupakan penyebab utama dampak negatif terhadap perekonomian global.

“Salah satu anggota G20 berpandangan bahwa sanksi merupakan penyebab utama dampak negatif terhadap perekonomian global,” tulisnya.

Buat Kondisi Ekonomi Global Makin Suram

Sanksi yang diberikan kepada Rusia telah membuat kondisi ekonomi global makin suram selepas pandemi Covid-19 terkendali. Sebagian besar anggota juga sepakat masih ada tekanan pada harga pupuk, pangan, dan energi.

Kondisi ini pun telah memperburuk tekanan inflasi yang ada. Tak hanya itu, hal ini juga berkontribusi pada meningkatnya risiko kerawanan pangan dan energi.

Selain itu, para negara G20 memberikan catatan akan pentingnya keberlanjutan pertumbuhan ekonomi global. Khususnya dalam rangka menghadapi berbagai tantangan di masa depan seperti perubahan iklim.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Salah satu negara anggota G20 meminta investasi untuk sumber energi fosil dihentikan. Lalu dalam waktu yang bersamaan kebijakan transisi ke energi bersih dilakukan dengan cara yang seimbang dan adil.

Dalam forum tersebut juga menyepakati tentang perlunya mengatasi kerentanan utang satu negara dalam kondisi ketidakpastian global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *