December 4, 2022
Sidak SPBU dan Kunjungi Kilang Balongan, Menteri ESDM Pastikan Pasokan BBM Mudik Lebaran Terjaga

Sidak SPBU dan Kunjungi Kilang Balongan, Menteri ESDM Pastikan Pasokan BBM Mudik Lebaran Terjaga

Menjelang libur Idul Fitri 2022, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Arifin Tasrif bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengikuti petugas pemeriksa mendadak (SPBU) di sepanjang gas yang ada. stasiun di jalan tol di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Permintaan beberapa jenis minyak pemanas (BBM), seperti pertalite dan solar, diperkirakan meningkat 10% hingga 14% menjelang puncak liburan Idul Fitri dibandingkan rata-rata konsumsi harian.

Kami memperkirakan permintaan akan meningkat rata-rata 10 hingga 14 persen. Untuk itu, kami meminta Pertamina menyediakan stok dan merencanakan logistik agar minyak pemanas bisa tiba tepat waktu,” kata Menteri ESDM di rest area SPBU KM 228 A, Kamis (21 April).

Selain menyediakan stok sesuai kebutuhan, Pertamina juga memberikan layanan tambahan berupa sepeda motor untuk mengangkut BBM yang dapat digunakan pemudik jika terjadi kemacetan parah di jalan tol.

Arifin mengumumkan, pemerintah AKAN fokus pada ketersediaan bahan bakar, khususnya jenis pertalite dan biosolar, karena kedua jenis bahan bakar ini akan meningkatkan permintaan selama musim mudik Lebaran. Permintaan untuk jenis bahan bakar lain diperkirakan akan menurun karena kendaraan industri dan truk besar dihentikan mulai 27 April 2022.

“Kami akan fokus pada ketersediaan bahan bakar pertalite karena masyarakat cenderung menggunakan bahan bakar jenis ini. Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan BBM mudik dan saya berharap cadangan Pertamina dapat terpenuhi untuk 20 hari ke depan. ‘ Puri Arifin.

pada kesempatan yang sama, Nicke Widyawati mengatakan berdasarkan prakiraan Pertamina akan terjadi peningkatan konsumsi BBM, dengan kenaikan tertinggi sebesar 29% pada deso dösöder 30. vol.

Kami telah memperkirakan bahwa permintaan bahan bakar akan meningkat karena arus mudik meningkat minggu ini dan kami akan melihat puncaknya pada 29-30 April 2022, di mana kami memperkirakan bahwa 29% sebagian besar adalah bensin. Kalau solar justru turun karena tidak boleh lagi melaju di jalan tol mulai H-5,” kata Nicke.

Stok solar dan bensin saat ini diperkirakan akan tersedia selama 23 hari.

Menindaklanjuti arahan Menteri ESDM untuk membiayai pemudik dengan bahan bakar, Pertamina telah mengirimkan stasiun pengisian bahan bakar modular (Pertashop) di rest area yang belum memiliki SPBU.

“Kami melihat rest area yang tidak ada SPBU, kami tambahkan SPBU, kami menempatkan Pertashop di sana, jadi sekarang semua rest area memiliki SPBU,” jelas Nicke.

Fasilitas lain yang diberikan Pertamina adalah sepeda motor, petugas mengendarai sepeda motor dan mengambil bola, kendaraan kehabisan bensin. Dengan menghubungi call center Pertamina 135 dan menunjukkan lokasi, pengendara langsung berangkat untuk mengantarkan BBM.

Kami menyediakan 200 unit sepeda motor di sepanjang jalan tol Sumatera dan Jawa pada saat mudik dan mudik lebaran,” kata Nicke.

Selain mengunjungi SPBU, Menteri ESDM beserta rombongan juga mengunjungi Refinery Pertamina Refinery Unit VI Balongan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Kantor Admisi Refineryfineries.

Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berdampak sangat kuat terhadap perekonomian nasional dan kelancaran pelaksanaan tidak hanya sesuai jadwal.

Sementara itu, Nicke menjelaskan, kunjungan Menteri ESDM ke kilang Balongan juga dilakukan untuk melihat ketersediaan bahan bakar yang ada Mei anhr.

“Jadi kita tidak hanya memastikan di sisi hilir, tetapi juga ingin memastikan sisi hulu tepat sasaran dan produksi juga tepat sasaran. Dari hulu hingga hilir kita siapkan termasuk 283 kapal yang kita siagakan,” tutup Nicke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *